Friday 27 October 2017

Cara Membuka Banyak Akun Di Firefox Browser

Membuka Banyak Akun Di Mozilla Firefox - Pengguna web browser Mozilla Firefox sekarang sudah lebih mudah untuk membuka banyak akun sekaligus dalam satu web browser. Setelah multifox sudah tidak didukung lagi di Firefox, Mozilla Firefox mengembangkan fiture baru yang bernama “Firefox Multi-Account Containers” untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna Firefox supaya dapat login menggunakan banyak akun. Ekstensi Multi-Account Containers ini memiliki fiture yang lebih baik dari multifox.

Fiture ini menjadi pengganti add-ons multifox yang sudah tidak berfungsi lagi di Mozilla Firefox, bila anda masih menggunakan multifox tentu akan mengalami error dan sebaiknya hapus saja multifox dan ganti dengan Multi-Account Containers ini. Dengan demikian kita dapat melakukan multi login banyak akun sekaligus dalam satu web browser di Mozilla Firefox. 

Konsep kerja dari Firefox Multi-Account Containers yaitu memberikan identitas yang berbeda pada setiap tab browser yang kita gunakan. Setiap akun akan memiliki identitas sendiri sehingga lebih mudah bagi kita dalam mengenalinya. Multi-Account Containers ini terbagi menjadi empat (4) kategori atau identitas yaitu : Personal, Work, Banking dan Shopping.



Tujuan pembagian ini yaitu untuk memudahkan pengguna Firefox dalam melakukan berbagai aktivitas yang berbeda dengan akun yang berbeda pula dalam satu web browser. Namun, pembagian ini tidaklah mutlak, tentu saja kita tidak harus menggunakan akun untuk aktivitas banking atau shopping. Hal ini hanya sebatas identitas supaya kita lebih mudah dalam mengenali setiap akun yang kita gunakan.

Cara Membuka Banyak Akun Di Firefox Browser menggunakan multi-account containers

Cara Membuka Banyak Akun Di Firefox Browser

Ada dua (2) cara untuk dapat login multiple account di Mozilla Firefox yaitu melalui menu File ⇾ New container tab atau melalui menu add-ons Multi-Account Containers.

1. Tanpa Add-ons

Fiture Multi-Account Containers ini sudah dapat kita pakai pada Mozilla Firefox versi 50 ke atas. Kita dapat menggunakannya tanpa perlu menambahkan add-ons Multi-Account Containers. Cukup aktifkan fiture ini melalui halaman about:config Mozilla Firefox Browser.

  • Ketik about:config pada address bar Mozilla Firefox Browser, lalu tekan Enter
  • Pada halaman “This might void your warranty” Klik tombol “I accept the risk”
  • Ketik pada kolom pencarian “privacy.userContext.enabled”
  • Klik dua kali (Double Klik) untuk mengaktifkan/nonaktifkan fiture ini
  • Setelah itu keluar dari halaman about:config

Untuk memastikan apakan fiture Multi-Account Containers sudah aktif atau belum, klik pada menu File ⇾ New container tab . Bila menu New container tab sudah muncul, berarti Multi-Account Containers sudah dalam kondisi aktif.

Bila pada Mozilla Firefox yang anda pakai tidak terlihat menu utama Firefox, klik kanan pada tool bar Firefox lalu pilih (centang) menu bar untuk menampilkan menu utama Firefox.

Cara lain untuk mengakses menu Multi-Account Container ini yaitu dengan menambahkan menu Multi-Account Container di toolbar Mozilla Firefox.

  • Klik Menu Firefox, lalu klik pada tombol Customize
  • Pada jendela customize firefox pilih menu Multi Accounts Containers lalu drag & drop (seret dan lepaskan) di toolbar Firefox
  • Setelah selesai, keluar dari jendela Cuztomize Firefox dengan klik pada tombol Exit Customize

2. Menggunakan Add-ons

Selain menggunakan cara seperti di atas, kita juga dapat menggunakan bantuan add-ons untuk dapat membuka banyak akun dalam satu web browser Mozilla Firefox. Add-ons ini bernama “Multi-Account Containers”. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Jalankan Mozilla Firefox lalu klik pada menu ⇾ add-ons
  • Pada pengaturan add-ons pilih menu Extensions
  • Ketik multi-Account Containers pada kolom pencarian add-ons
  • Pilih  Multi-Account Containers lalu klik tombol “install”

Setelah menambahkan add-ons Multi-Account Containers di Firefox browser, akan terlihat menu Multi-Account Containers di toolbar Firefox berdampingan dengan add-ons lain yang kita gunakan.

Klik pada menu Multi-Account Containers tersebut untuk membuka tab container baru di Firefox. Awalnya kita akan di suguhi sekilas pengenalan tentang Multi-Account Containers (Get started). Ikuti saja instruksi yang tersedia di sana (klik next) dan setelah itu kita dapat melihat menu dari Multi-Account Containers.

  • Personal
  • Work
  • Banking
  • Shopping

Bila anda sering memakai banyak akun dalam beraktivitas di internet, sebaiknya tambahkan add-ons Multi-Account Containers yang akan memudahkan kita untuk membuka banyak akan di tab browser Mozilla Firefox.

Kesimpulan

Menggunakan akun dalam jumlah banyak terkadang memang sedikit merepotkan. Namun, dengan adanya add-ons Multi-Account Containers, akan membuat kita lebih mudah menggunakan banyak akun sekaligus dalam satu web browser Mozilla Firefox. Demikian mengenai cara membuka banyak akun di Mozilla Firefox browser. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon