Tuesday 8 September 2015

Web Browser Terbaik Untuk Laptop Dan Komputer Desktop Yang Kaya Akan Fiture

Aplikasi Web Browser Terbaik – Peramban situs web merupakan salah satu elemen penting untuk melakukan aktivitas menjelajah dunia maya. Kita sering mengunjungi berbagai alamat situs web untuk keperluan mencari informasi, dokumen, file, video dan lain sebagainya. Penggunaan aplikasi web browser yang ringan, stabil dan memiliki banyak fiture akan membuat kita lebih mudah dan nyaman dalam berselancar di dunia maya.

Banyak tersedia browser internet yang bisa kita pilih dan beberapa diantaranya adalah browser terbaik yang bisa kita gunakan pada perangkat komputer PC/Laptop yang kita miliki. Pengguna smartphone pun memiliki aplikasi browser sendiri yang berbeda dengan komputer desktop. Kita dapat mengunjungi dan mendownload aplikasi web browser melalui situs resmi penyedia web browser untuk diinstal di dalam sistem komputer yang kita gunakan.

Browser Terbaik Bagi Pengguna Internet Untuk Linux Maupun Windows

Aplikasi Web Browser Terbaik


Setiap sistem operasi komputer biasanya sudah dilengkapi dengan internet browser deafult sistem. Namun, tidak selamanya pengguna puas hanya dengan menggunakan satu aplikasi web browser saja. Menggunakan beberapa browser akan menambah pengalaman kita dalam menjelajah internet, karena masing-masing browser memiliki tampilan yang berbeda-beda begitu pula kecepatan dan fiture yang dimilikinya. Berikut kami uraikan beberapa internet browser terbaik yang cukup populer di kalangan pengguna komputer, baik itu sistem wnidows, linux, mac os atau yang lainnya.

1. Mozilla Firefox Browser


Mozilla Firefox Browser merupakan aplikasi default sistem Linux Mint, Ubuntu dan banyak disrtro linux populer lainnya. Bila kita menggunakan sistem operasi komputer tanpa Firefox di dalamnya, kita dapat menginstall firefox dengan cara download file installer firefox dan instal ke dalam sistem komputer yang kita gunakan. Browser internet yang satu ini memang terkenal sangat ringan, cepat dan compatible dengan berbagai macam sistem operasi beserta add-ons/eksesnti yang sangat lengkap.

Untuk memasang firefox di sistem komputer yang kita gunakan, unduh file installer firefox pada situs www.mozilla.org sesuai dengan sistem operasi komputer yang akan kita instal firefox (Linux, Windows atau Mac OS).

2. Google Chrome Browser


Browser yang dimiliki google ini terkenal cukup handal dan ringan saat dijalankan pada komputer. Banyak pengguna internet yang memilih chrome untuk kegiatan jelajah internetnya, karena kelebihan - kelebihan yang dimiliki oleh google chrome yang hebat ini. Fiture- fiture yang dimiliki chrome termasuk ekstensi dan aplikasi yang lengkap membuat chrome menjadi salah satu web browser paling populer saat ini bersaing dengan firefox. Selain itu dengan memiliki akun google (gmail), kita juga dapat menggunakan produk google lainnya termasuk media penyimpanan online (cloud storage) Drive.

Kunjungi alamat situs web Chrome dan dapatkan file installer google chrome untuk sistem operasi komputer yang kita gunakan. Setelah itu instal chrome dengan menggunakan file yang sudah kita unduh.

3. Opera Browser


Browser yang di keluarkan oleh opera sotware ini terbilang ringan dan cepat dengan tampilan yang menawan. Memang masih kalah dengan Chrome dan Firefox untuk jumlah penggunanya, namun dapat dijadikan browser alternatif terbaik untuk firefox dan chrome. Browser ini sangat menyenangkan terutama dalam kemudahan penggunaan dan tampilannya yang sangat indah. Silahkan unduh file installer opera browser pada alamat situs web resmi opera dan instal opera ke dalam sistem operasi komputer yang kita gunakan.

4. Maxthon browser


Maxthon memberikan warna tersendiri sebagai sebuah web browser untuk komputer pribadi dan perangkat mobile. Dengan kecepatan, kemudahan penggunaan dan fitur yang eksklusif membuat perambah internet maxthon cukup populer dikalangan pengguna internet terutama pengguna sistem operasi Linux. Maxthon memberikan kepercayaan surfing web yang cepat dan menyenangkan seperti layaknya chrome dan firefox. Meskipun tidak setenar chrome dan firefox, Maxton dapat menjadi browser alternatif yang bisa diandalkan.

Cara Install Maxthon Browser Pada Linux Mint / Ubuntu
  1. Download Maxton pada situs  www.maxthon.com.
  2. Pilih file .deb 32 bit atau 64 bit
  3. Instal dengan menggunakan GDebi Package Manager, klik kanan file installer lalu pilih buka dengan Gdebi atau dapat juga melalui terminal linux (Ctrl+Alt+T) , masuk ke direktori tempat menyimpan file .deb maxthon browser, misalnya pada direktori Unduhan $ cd ~/Unduhan lalu ketik perintah sudo dpkg -i nama_file.deb
  4. Setelah proses pemasangan maxthon browser selesai, kita dapat menjalankannya melalui Menu – Internet

5. Chromium Browser


Chromium adalah sebuah proyek browser open-source yang bertujuan untuk membangun internet browser yang lebih aman, lebih cepat dan lebih stabil untuk semua pengguna internet. Bila anda mengunjungi Situs Chromium maka akan dijumpai beberapa hal diantaranya : dokumen desain, arsitektur ikhtisar dan pengujian informasi. Hal itu bertujuan untuk lebih membantu kita bila ingin belajar membangun dan bekerja dengan kode sumber Chromium.

Chromium hampir sama / identik dengan chrome dimana basis kode dari chrome berasal dari source kode chromium. Konon ceritanya bila chromium tidak ada maka google chrome pun tidak akan pernah ada.

Cara Install Chromium Browser Pada Linux Mint/Ubuntu

Download versi terbaru chromium pada situs https://www.chromium.org/getting-involved/download-chromium. Ekstrak file installer yang berupa file.zip, kemudian klik dua kali file Chromium.

Web Browser Terbaik Komputer PC/Laptop Yang Kaya Akan Fiture


Bagi pengguna sistem operasi komputer Linux Mint, paket aplikasi chromium sudah terdapat di repository Linux Mint dan kita dapat langsung instal chromium browser melalui pengelola perangkat lunak, synaptic manajer paket atau menggunakan perintah apt di terminal linux.

Bagi pengguna distro linux lainnya yang tidak menyertakan chromium browser pada repository nya, dapat juga menambahkan ppa pihak ke-3 dengan cara sebagai berikut :

sudo add-apt-repository ppa:chromium-daily/stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install chromium-browser

6. ToR Browser


ToR merupakan browser yang melindungi kegiatan internet penggunanya dengan cara memantulkan komunikasi di jaringan relay yang dijalankan oleh relawan di seluruh dunia. Hal ini mencegah seseorang menonton dan mempelajari koneksi internet dari situs yang sedang kita dikunjungi, dan memungkinkan kita untuk mengakses situs yang diblokir. Tor browser dapat berjalan pada sistem operasi windows, Mac OS X maupun Linux serta dapat juga dijalankan hanya dengan menggunakan usb flashdisk.

Cara Install Tor Browser Pada Linux Mint/Ubuntu

Download ToR browser pada situs www.torproject.org . Tersedia dalam dua pilihan file download yaitu untuk komputer 32-bit dan 64-bit. File hasil download berupa file.tar.xz. Setelah selesai download, ekstrak folder hasil download kemudian jalankan ToR browser secara portable dengan cara klik dua kali ikon Tor Browser yang terdapat pada folder hasil ekstrak

Kesimpulan


Browser yang ada di atas hanyalah beberapa perambah internet yang sudah cukup populer dengan karakteristiknya masing - masing. Bila kita pengguna sistem operasi Linux, masih banyak perambah internet lainnya yang bisa kita gunakan, dari yang simpel, ringan, tanpa tampilan grafis sampai web brower yang handal dan kaya akan fiture , misalnya Mozilaa Firefox Browser.

Saat download file installer aplikasi web browser untuk kita instal pada Linux Mint atau Ubuntu usahakan mencari file dengan jenis .deb, karena lebih mudah dalam proses instalasinya. Bila dalam proses instalasi file .deb mengalami kegagalan buka terminal linux ketik sudo apt-get install -f setelah itu lakukan proses instalasai web browser seperti biasanya. Demikian beberapa web browser yang dapat menjadi pilihan terbaik untuk kita gunakan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.

Sumber referensi : Situs internet browser


EmoticonEmoticon