Saturday 4 March 2017

Cara Membuat Live BookMarks (Markah Hidup) Di Firefox, Chrome Dan Opera Browser

Cara Membuat Live BookMarks (Markah Hidup) – Bila kita sering mengunjungi sebuah alamat situs web dan ingin terus mendapatkan update artikel yang diterbitkan, kita dapat membuat markah hidup atau live bookmarks supaya lebih mudah untuk berkunjung kembali ke situs web tersebut sekaligus memilih artikel yang akan kita lihat.

Penggunaan live bookmarks ini sama seperti bookmarks pada umumnya, bila pada bookmarks biasa kita hanya dapat mengunjungi satu halaman saja maka, pada live bookmarks kita dapat melihat setiap update artikel yang diterbitkan. Live BookMarks menggunakan rss feed untuk mengakses artikel pada sebuah blog atau situs web.

Cara Membuat Live BookMarks (Markah Hidup) Di Firefox Browser


Cara Membuat Live BookMarks (Markah Hidup) Di Firefox, Chrome Dan Opera Browser

Pengguna Firefox dapat membuat live bookmarks dengan cara yang cukup mudah. Kita tidak perlu menggunakan add-ons namun, cukup gunakan fiture yang sudah ada di Firefox Browser. Berikut cara membuat live bookmarks di Firefox :
  1. Buka alamat situs web / blog : Jalankan Firefox Browser lalu buka alamat situs web atau blog yang akan kita tambahkan ke dalam live bookmarks.
  2. Tambahkan ke dalam live bookmarks : Misalnya kita akan membuat live bookmarks untuk blog linux mint, setelah menuju pada halaman blog linux mint, klik :
Menu > Markah > Berlangganan Halaman ini > The Linux mint blog RSS Feed
Atau dalam bahasa lainnya :
Bookmarks > Subscribe to This Page > The Linux mint blog RSS Feed
Setelah itu akan muncul jendela baru, klik pada tombol “Berlangganan Sekarang Juga” atau “Subscribe Now”. Secara otomatis live bookmarks akan ditambahkan ke dalam “bookmarks toolbar".

Cara Membuat Live BookMarks (Markah Hidup) Di Google Chrome Browser


Cara Membuat Live BookMarks (Markah Hidup) Di Firefox, Chrome Dan Opera Browser

Berbeda dengan Firefox, untuk menambahkan live bookmarks di Google Chrome dapat kita lakukan dengan menggunakan ekstensi Chrome yang bisa kita peroleh di ‘web store’ Chrome. Banyak tersedia ekstensi untuk menambahkan live bookmarks yang bisa kita temukan di sana. Salah satu yang cukup baik dan mudah penggunaanya adalah ekstensi yang bernama “RSS Live Links”. Ekstensi ini cukup ringan berjalan di Chrome sehingga tidak membebani peramban internet milik perusahaan Google Inc.
  1. Jalankan Chrome
  2. Buka toko web Chrome lalu ketik pada kolom pencarian rss live links untuk mencari ekstensi ini
  3. Setelah itu klik tombol Tambahkan ke Chrome
  4. Secara otomatis ikon RSS Live Links akan ditambahkan ke dalam bila menu Chrome
  5. Buka halaman situs web / blog yang akan kita tambahkan ke dalam live bookmarks, misalnya “blog linux mint”
  6. Klik pada ikon RSS Live Links > Available Feed > The Linux Mint Blog RSS Feed
  7. Setelah itu akan muncul menu baru live bookmarks yang baru kita tambahkan, silahkan klik untuk dapat melihat artikel terbaru dari sebuah blog

Cara Membuat Live BookMarks (Markah Hidup) Di Opera Browser


Cara Membuat Live BookMarks (Markah Hidup) Di Firefox, Chrome Dan Opera Browser

Pengguna Opera Browser tidak dapat langsung menambahkan live bookmarks seperti pada Firefox. Kita memerlukan ekstensi/add-ons untuk menambahkan live bookmarks di Opera. Ada dua ekstensi yang kita perlukan untuk memudahkan kita dalam menambahkan boomarks live di Opera Browser yaitu “Smart RSS” dan “RSS Detector” dimana keduanya saling melengkapi antara yang satu dengan yang lainnya. Smart RSS merupakan ekstensi untuk menambahkan bookmark live sedangkan RSS Detector digunakan untuk melihat alamat RSS Feed pada sebuah blog atau werb site.
  1. Jalankan Opera Browser
  2. Buka halaman ekstensi Opera Browser
  3. Klik pada menu Dapatkan Ekstensi Lainnya
  4. Ketik pada kolom pencarian rss smart
  5. Tambahkan RSS Smart dan RSS Detector ke dalam Opera Browser
  6. Setelah itu ikon RSS Smart dan RSS Detector secara otomatis akan terlihat di Bilah Menu Opera Browser, bila tidak terlihat silahkan “Restart Opera”
  7. Buka alamat situs web / blog yang akan kita tambahkan ke dalam live bookmarks
  8. Klik pada Ikon RSS Detector, lalu Salin alamat RSS Feed situs web tersebut (Klik kanan pada link rss > Pilih Salin alamat Link)
  9. Selanjutnya klik pada Ikon Smart RSS untuk membuka pengaturan Smart RSS
  10. Pada pengaturan Smart RSS klik pada tombol '+' --> “Add RSS Source” lalu tempel alamat rss feed yang sudah kita salin tadi dan sampai disini kita sudah berhasil menambahkan live bookmarks di Opera Browser
Penggunaan live bookmarks akan mempermudah kita untuk melihat artikel terbaru pada sebuah blog atau website yang sering kita kunjungi. Kita dapat menggunakan bookmarks toolbar, Menu atau Folder yang bisa kita buat sendiri untuk menempatkan boomarks live. Bila sudah tidak menginginkan live bookmarks dapat kita hapus dengan cukup mudah, seperti layaknya menghapus sebuah file. Kita tinggal pilih pada bookmarks yang akan kita hapus --> Klik kanan --> Pilih hapus. Demikian cara membuat live bookmarks di Firefox Browser, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon