Tuesday 11 July 2017

Cara Setting Zona Waktu Di Linux Debian, Ubuntu dan Mint

Cara Setting Zona Waktu Di Linux Debian, Ubuntu dan Mint – Zona waktu atau dengan kata lain biasa di sebut dengan time zone dapat kita ubah pengaturannya di sistem komputer. Setiap sistem operasi komputer tentu memiliki pengaturan untuk mengganti zona waktu, termasuk pada distro Linux Debian, Ubuntu dan Mint. Tujuan mengganti zona waktu ini yaitu supaya kita dapat menggunakan tanggal dan waktu (jam) secara tepat.

Saat proses instalasi distro Linux, sebenarnya kita sudah mengatur zona waktu ini, secara deafault menggunakan zona waktu untuk wilayah Amerika Serikat dengan menggunakan standard UTC. Memang biasanya saat proses instalasi sistem komputer, kita tidak terlalu memperhatikan pengaturan zona waktu ini, biasanya pengguna komputer akan mengganti pengaturan zona waktu setelah proses install selesai.

Cara setting tanggal dan jam pada setiap distro Linux menggunakan cara yang berbeda, tergantung dari distro Linux yang digunakan. Untuk distro Linux Debian dan turunannya, termasuk Ubuntu dan Linux Mint dapat menggunakan cara yang hampir sama, atau bisa jadi menggunakan cara yang berbeda. Biasanya, distro Linux turunan menggunakan perintah grafis yang berbeda, tergantung desktop environment yang digunakan.



Cara Setting Zona Waktu Di Linux Debian, Ubuntu dan Mint

Cara Mengganti Zona Waktu Di Linux Debian, Ubuntu dan Mint


Kali ini saya akan berbagi mengenai cara mengganti zona waktu di Linux Debian, Ubuntu dan Mint melalui perintah teks di terminal masing-masing distro Linux.

1. Cek terlebih dahulu zona waktu yang digunakan oleh sistem dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal :

date

Hasilnya:
Tue Jul 11 14:26:01 WIB 2017

Lihat juga waktu UTC

date -u

Hasilnya :
Tue Jul 11 07:26:07 UTC 2017

Ternyata komputer sudah menggunakan zona waktu WIB (Waktu Indonesia Barat). Bila pengaturan konfigurasi zona waktu sudah sesuai dengan yang kita inginkan, tentu kita tidak perlu mengganti dengan zona waktu yang lain. Namun, bila ternyata konfigurasi zona waktu tersebut bukan merupakan zona waktu yang kita inginkan, kita dapat menggantinya melalui pengaturan zona waktu Linux. Bila kita lihat, Waktu Indonesia Barat dan Waktu UTC (Universal Time Coordinate) memiliki perbedaan waktu sebanyak 07 jam (UTC+7).

UTC merupakan standard waktu yang digunakan saat ini

2. Mengganti konfigurasi zona waktu (time zona) dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal (masuk sebagai root ‘#’) :

dpkg-reconfigure tzdata

Setelah itu akan muncul jendela dialog untuk memilih zona waktu yang kita inginkan seperti terlihat pada gambar dibawah ini :


Cara Setting Zona Waktu Di Linux Debian, Ubuntu dan Mint

Tekan tombol navigasi atas / bawah pada keyboard untuk memilih zona waktu yang anda inginkan dan tekan tombol Enter untuk menerapkannya. Misalnya, untuk zona waktu Asia/Jakarta, setelah proses penggantian zona waktu selesai, akan muncul informasi mengenai zona waktu yang baru saja diterapkan pada terminal.

Current default time zone: 'Asia/Jakarta'
Local time is now: Tue Jul 11 14:37:24 WIB 2017.
Universal Time is now: Tue Jul 11 07:37:24 UTC 2017.

Contoh lain, misalnya saya akan mengganti zona waktu dengan Waktu Indonesia Tengah (WITA). Caranya sama seperti di atas, ganti kota Jakarta dengan kota Makasar, hasilnya terlihat seperti di bawah ini :

Current default time zone: 'Asia/Makassar'
Local time is now: Tue Jul 11 15:47:57 WITA 2017.
Universal Time is now: Tue Jul 11 07:47:57 UTC 2017.

Sampai disini kita sudah berhasil mengganti zona waktu di sistem Linux. Cara ini dapat diterapkan pada distribusi Linux Debian, Ubuntu dan Mint. Mengganti zona waktu sebaiknya kita lakukan sesuai dengan lokasi tempat tinggal. Dengan demikian kita akan mendapatkan tanggal dan waktu yang tepat atau sama dengan wiliyah tempat kita tinggal. Demikian cara mengganti zona waktu di Linux Debian, Ubuntu dan Mint. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon