Tuesday 11 July 2017

Cara Mencari Koordinat Garis Lintang Dan Bujur Berdasarkan Lokasi Di Google Maps

Tags

Cara Mencari Koordinat Garis Lintang Dan Bujur Berdasarkan Lokasi Di Google Maps – Salah satu cara untuk mencari titik koordinat lokasi suatu wilayah yaitu dengan menggunakan peta. Kita dapat melihat lokasi yang kita cari pada peta termasuk garis Lintang dan garis Bujur wilayah tersebut. Selain peta konvensional, kita dapat memanfaatkan teknologi Google Maps melalui perangkat komputer desktop, laptop, netbook atau smartphone.

Google memang memberikan layanan peta dunia yang bernama Google Maps. Banyak pengguna internet yang terbantu dengan layanan ini, terutama saat mencari suatu alamat atau ketika bepergian ke suatu wilayah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Kita dapat memanfaatkan layanan ini secara maksimal untuk keperluan navigasi wilayah.

Garis Lintang yaitu garis yang melintang dari Utara ke Selatan (Vertikal), kita bisa menemukan garis ini secara jelas dalam peta konvensional. Karena letaknya yang melintang dari Utara ke Selatan maka disebut garis Lintang Utara dan Lintang Selatan. Posisi garis Lintang (U & S) ditentukan berdasarkan garis Khatulistiwa yang menempati posisi Lintang nol derajat (0&deg). Penghitungan posisi garis Lintang dimulai dari Lintang nol derajat, +90&deg ke arah Utara (Kutub Utara) dan -90&deg ke arah Selatan (Kutub Selatan).

Garis Bujur yaitu garis yang membujur dari Barat ke Timur (Horisontal), disebut dengan Bujur Barat dan Bujur Timur. Nilai koordinat dari garis Bujur ini ditentukan berdasarkan garis Bujur 0&deg yang disebut Meridian Utama. Garis Bujur ini dihitung berdasarkan pengukuran sudut nol derajat di Meridian Utama ke +180&deg arah Timur dan -180&deg arah Barat.

Itulah sekilas gambaran mengenai gari Lintang dan Bujur pada peta. Baik itu, garis Lintang maupun garis Bujur merupakan garis khayal yang digunakan untuk memudahkan navigasi peta dunia.



Cara Mencari Koordinat Garis Lintang Dan Bujur Berdasarkan Lokasi Di Google Maps

Cara Mencari Garis Lintang Dan Bujur Berdasarkan Lokasi Di Google Map


Banyak cara untuk menentukan garis Lintang dan Bujur melalui internet, salah satunya adalah menggunakan layanan Google Maps. Mungkin layanan ini yang paling populer dan secara umum penggunaanya juga cukup mudah sehingga banyak disukai oleh mereka yang sering memanfaatkan teknologi digital untuk mencari sebuah alamat suatu wilayah atau titik koordinat.

1. Buka peramban situs web Firefox, Chrome, atau yang lainnya

2. Buka alamat situs web https://www.google.co.id/maps

3. Pada kolom pencarian, ketik nama wilayah yang akan kita cari titik koordinatnya berdasarkan garis Lintang dan Bujur, misalnya : Gelora Bung Karno

4. Setelah itu, lihat pada ikon (logo) penunjuk tempat (lokasi), Google Maps telah menunjukan lokasi Gelora Bung Karno

5. Klik kanan pada lokasi tersebut lalu pilih “ada apa di sini?” atau "what's here?" untuk melihat koordinat lokasi tersebut berdasarkan garis Lintang dan Bujur, seperti terlihat pada gambar di atas (berupa angka numeric)

6. Bila ingin melihat nilai garis Lintang dan Bujur dalam bentuk derajat, ketik nila garis Lintang dan Bujur tersebut pada kolom pencarian, seperti terlihat pada gambar di bawah ini : (S = South = Lintang Selatan, E = Earth = Bujur Timur)


Cara Mencari Koordinat Garis Lintang Dan Bujur Berdasarkan Lokasi Di Google Maps

Dengan adanya garis Lintang dan Bujur ini memudahkan kita dalam mempelajari peta dunia. Meskipun hanya menggunakan alat yang sederhana, kita dapat mengetahui letak wilayah di dunia. Tentu saja hal ini akan menambah pengetahuan dan wawasan kita, terutama mereka yang sering bepergian ke berbagai daerah. Demikian cara mencari garis Lintang dan Bujur berdasarkan lokasi di Google Maps.

1 komentar so far

Makasihinfonya gan, sangat bermanfaat.

Kalau berkenan, kunjungi website kampus saya di : http://www.atmaluhur.ac.id
dan website pribadi saya di : https://ferafe.mahasiswa.atmaluhur.ac.id


EmoticonEmoticon