Saturday 4 February 2017

Cara Mengelola Bookmarks Di Firefox Browser Tanpa Add-Ons

Cara Mengelola Bookmarks Di Firefox browser – Pengguna internet pasti sudah tidak asing dengan peramban internet yang bernama Firefox.  Peramban internet yang satu ini merupakan salah satu yang paling populer dari beberapa peramban internet yang mungkin ada di dalam sistem komputer yang sedang anda gunakan saat ini.

Sebut saja Google Chrome, Opera browser, Edge, Safari, Chromium, Midori, Maxthon dan lain-lainnya. Semua peramban internet tersebut hanya beberapa nama dari puluhan peramban internet yang bisa kita gunakan di sistem komputer. Dari yang ringan sampai yang kaya akan fiture semuanya tersedia dan dapat kita pakai sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing.

Kali ini saya akan berbagi mengenai cara mengelola Bookmarks di Firefox browser. Untuk web browser lainnya bisa menyesuaikan kurang lebih sama dalam penerapannya hanya mungkin caranya agak sedikit berbeda sesuai dengan menu pengaturan masing-masing web browser.

Apa itu Bookmarks ?

Istilah ini mungkin tidak asing lagi bagi para pengguna internet yang setiap harinya berselancara di dunia maya untuk melakukan berbagai aktivitas. Bagi yang belum tahu apa itu Bookmarks, sedikit dari saya kurang lebihnya memiliki pengertian sebagai berikut :

Bookmarks yaitu:
Seperti sebuah penandaan alamat situs web yang sering kita kunjungi untuk memudahkan kita saat berkunjung kembali ke alamat situs web tersebut. Alamat situs web tersebut kita simpan dan dapat kita temukan dengan mudah melalui Bookmarks ini

Cara Mengelola Bookmarks Di Firefox Browser


Secara umum kita dapat dengan mudah mengelola menu Bookmarks di peramban situs web yang kita gunakan tanpa perlu bantuan add-ons. Sedangkan bagi yang suka akan sebuah tampilan dan kemudahan dalam mengelola Bookmarks, menggunakan bantuan add-ons bisa menjadi pilihan terbaik. Beriku ini saya coba uraikan secara singkat cara menambah dan menghapus Bookmarks di Firefox browser dengan dan tanpa add-ons :

Setelah instal Firefox browser di sistem komputer yang kita gunakan, kita dapat langsung mengunjungi alamat situs web yang kita suka dengan menggunakan koneksi internet dari berbagai piranti modem, wi-fi, ethernet, wire dan lain-lainnya. Setelah membuka alamat situs web tertentu, ternyata itu adalah situs web yang sering dikunjungi dan supaya tidak repot mengetikan alamat situs web tersebut pada kolom url situs web, kita dapat menyimpan alamat situs web tersebut di dalam Bookmarks Firefox browser untuk kita gunakan di lain waktu. Caranya adalah sebagai berikut :

A. Menambahkan Bookmarks Baru Di Firefox Browser


1. Buka alamat situs web yang akan kita simpan di Bookmarks Firefox

2. Klik pada menu Bookmarks di Firefox browser lalu pilih Bookmarks this page

Bila menu di Firefox dalam keadaan tersembunyi (hidden), tampilkan menu terlebih dahulu untuk mengakses menu Bookmarks atau bisa juga menggunakan tools pada toolbar menu berupa gambar bintang (edit bookmarks) dan gambar arsip (disebelah gambar bintang) untuk mengelola Bookmarks

3. Akan muncul jendela Edit Bookmarks untuk mengatur Bookmarks yang baru kita tambahkan. Terdapat tiga kolom yang bisa kita ubah nilainya yaitu : Name, Folder dan Tags. Isilah pada kolom tersebut sesuai dengan yang kita inginkan :

Cara Menambahkan alamat situs web ke Bookmarks Firefox Browser Tanpa Add-Ons

Name = Isi dengan nama Bookmarks, ganti dengan nama yang lebih pendek dan ringkas supaya terlihat rapi dan mudah dalam pencarian Bookmarks

Folder = Terdapat tiga menu utama folder yaitu : Bookmarks Folder, Bookmarks, Menu dan Unsorted Bookmarks. Biasanya kita menempatkan Bookmarks pada folder Bookmarks Menu (link akan muncul pada menu Bookmarks) atau Bookmarks Toolbars (link akan muncul pada toolbars menu, aktifkan toolbars menu melalui View › Toolbars › Bookmarks Toolbars

Tags = Bersifat opsional, kita dapat mengosongkan pada bagian tags ini namun, untuk kelengkapat Bookmarks yang kita tambahkan, sebaiknya kita isi tags sesuai dengan jenis alamat situs web yang kita simpan di Bookmarks

4. Setelah selesai klik pada tombol Donepada jendela Edit Bookmarks

B. Menghapus Dan Edit Bookmarks


Bila kita sudah tidak memerlukan Bookmarks yang sudah ditambahkan, kita dapat menghapusnya dengan cara yang cukup mudah. Kita tinggal klik pada menu Bookmarks › Show All Bookmarks dan di dalam jendela pengaturan Library pada menu All  Bookmarks kita dapat melakukan beberapa pengelolaan pada Bookmarks yang ada disana, termasuk juga edit Bookmarks.

Cara Mengelola Bookmarks Di Firefox Browser Tanpa Add-Ons
  1. Menghapus Bookmarks
  2. Mengganti nama Bookmarks
  3. Menambahkan folder baru
  4. Memindahkan Bookmarks dari satu folder ke folder lainnya dengan cara copy & paste atau Cut & Paste
  5. Menambahkan Bookmarks baru dengan mengisi url alamat situs web secara manual
  6. Dan lain sebagainya
Lihat pada menu Organize untuk mengelola Bookmarks yang ada di Library Firefox. Dari sana kita dapat melakukan berbagai hal seperti di atas atau bisa juga melalui menu Klik Kanan pada jendela Library › All Bookmarks.

C. Backup, Restore, Import Dan Export Bookmarks Di Firefox Browser


Setelah menambahkan beberapa atau banyak Bookmarks di Firefox browser, kita dapat melakukan backup dan export Bookmarks untuk kita restore dan import kembali di lain waktu apabila masih memerlukannya. Masih pada jendela pengaturan Library › All Bookmarks, lihat pada menu Import & Backup. Dari menu ini kita dapat melakukan Backup, Restore, Import dan Export Bookmarks.

1. Backup

Klik saja pada menu Import & Backup lalu pilih Backup dan simpan backup file di media penyimpanan komputer dengan format .json

2. Export Bookmarks To HTML

Masih dari menu Import & Backup, klik pada tombol Export Bookmarks to html lalu simpan di media penyimpanan komputer dengan format .html

3. Restore

Setelah melakukan backup pada Bookmarks, kita dapat memulihkan kembali Bookmarks tersebut di lain waktu. Biasanya kita melakukan backup untuk berjaga-jaga apabila kita akan menghapus Bookmarks namun, kemungkinan Bookmarks tersebut mungkin masih kita perlukan di lain waktu. Pada menu Import & Backup klik pada tombol Restore lalu pilih file backup Bookmarks berformat .json

4. Import Bookmarks  From HTML

Caranya hampir sama dengan Restore backup hanya file yang kita gunakan berformat .html dimana kita dapat melakukan import dan export Bookmarks lintas web browser seperti misalnya dari Firefox ke Chrome dan lain sebagainya.

Kesimpulan


Mengatur Bookmarks di peramban situs web yang kita gunakan dapat mempercepat dan mempermudah kita dalam membuka alamat situs web yang sering kita kunjungi. Dengan mengelola Bookmarks di Firefox browser dengan baik dan rapi akan membuat kita nyaman dalam menggunakan salah satu faslitas Firefox yang sering digunakan oleh para pengguna internet. Demikian uraian singkat mengenai cara mengelola Bookmarks di Firefox browser semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon