Friday 18 November 2016

Penyimpanan Data Online Terbaik Dan Gratis (Cloud Storage)

Cloud Storage - Banyak sekali tersedia media penyimpanan data online yang bisa kita gunakan untuk menyimpan berbagai macam file. Media penyimpanan online ini lebih dikenal dengan nama cloud storage atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Penyimpanan Awan.

Mengapa dinamakan penyimpanan awan? mendengar nama awan tentu kita akan terbayang dengan gumpalan awan yang berada di langit. Nama awan di dalam media penyimpanan bukanlah awan yang sesungguhnya, melainkan nama metafora dari internet yang dapat diakses dimanapun kita berada seperti gumpalan awan yang dapat kita lihat kapanpun dan dimanapun kita berada.

Fungsi layanan ini adalah untuk memudahkan kita dalam menyimpan file atau data yang kita miliki sebagai pengganti media penyimpanan offline,seperti misalnya : Hardisk, Flashdisk, CD/DVD atau peralatan lainnya. Perbedaan utama media penyimpanan online dan offline adalah pada cara mengaksesnya. Dengan media penyimpanan online kita dapat mengakses file dimanapun kita berada melalui jaringan internet. Sedangkan media penyimpanan offline, kita harus membawa/memiliki media penyimpanan dan dapat diakses tanpa jaringan internet.

Bagi kita yang sering bepergian atau melakukan perjalanan jauh, tentu akan lebih mudah bila kita menggunakan media penyimpanan online dan kita tidak perlu membawa media penyimpanan digital Flashdisk atau CD/DVD.

Cloud Storage banyak digunakan oleh mereka yang sering berbagi file dengan ukuran yang cukup besar. Banyak blogger yang memanfaatkan media penyimpanan online ini untuk menyimpan file tertentu yang diperuntukan bagi para pengunjung blog atau untuk menyimpan file design template blog. Mereka menggunakan ini untuk menyisipkan tautan (link) yang dapat dilihat dan diunduh oleh para pengunjung blog atau situs web. Sementara bagi perancang template blog, mereka menggunakan tautan file pada kode blog yang mereka rancang.

Dengan menggunakan layanan penyimpanan data online kita dapat menyimpan dan berbagi file ke orang lain dengan mudah. Berikut beberapa hal yang bisa kita peroleh dengan menggunakan layanan cloud storage untuk menyimpan data secara online :

(1) Dapat menyimpan dan berbagi file dalam berbagai ukuran dan format (dokumen, video, suara, foto dll)

(2) Dapat mengakses file (data) dimanapun dan kapanpun kita berada asalkan ada jaringan internet. Baik itu melalui ponsel maupun perangkat komputer pc/laptop.

(3) Mudah dalam berbagi file, baik itu ke sesama pengguna layanan penyimpanan data online, melalui email atau dengan menyisipkan tautan di halaman situs web/blog

(4) Tidak perlu repot membawa media penyimpanan seperti hardisk eksternal, flashdisk, CD/DVD dan lain-lain

4 Penyedia Layanan Penyimpanan Online Terbaik Dan Gratis!


Dari sekian banyak penyedia layanan penyimpanan online yang ada, beberapa diantaranya mungkin sudah kita kenal dan anda sudah menggunakannya selama ini. Pada artikel ini, saya hanya akan sedikit mengulas empat (4) media pelayanan online terbaik dan terpopuler saat ini.

A. Dropbox


Penyedia Layanan Penyimpanan Data Online Terbaik Dan Gratis, Cloud Storage Terbaik 

Dropbox adalah salah satu layanan cloud storage yang dapat digunakan pada berbagai sistem operasi (Linux, Windows, Mac os, Android, iOS, Blackberry dll.) baik itu di ponsel maupun pc/laptop. Dropbox menjadi populer dan banyak memiliki pengguna karena kemudahan yang ditawarkan dalam menyimpan file, instalasi dropbox serta memiliki tampilan yang simpel. Meskipun hanya menawarkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 2GB saja Dropbox bisa menjadi pilihan terbaik bagi kita yang menginginkan layanan penyimpanan awan yang mudah dengan kesederhanaan tampilan.

Dengan melakukan penyimpanan file ke dalam layanan cloud storage, kita tidak perlu khawatir akan kehilangan data, yang perlu kita perhatikan adalah faktor keamanan akun. Dropbox sendiri menggunakan enkripsi 256-bit AES dan kita juga dapat menambahkan lapisan perlindungan ke akun dengan verifikasi dua langkah.

Verifikasi dua langkah merupakan salah satu fiture Dropbox untuk keamanan akun yang kita miliki. Selain menggunakan kata sandi, kita akan diminta memasukan enam (6) digit kata kunci keamanan lainnya yang bisa kita peroleh melalui sms atau aplikasi seluler.

Selain menyediakan layanan penyimpanan gratis, Dropbox juga menyediakan layanan berbayar untuk penambahan kapasitas penyimpanan dan fiture lainnya. Ada tiga jenis layanan berbayar yang bisa kita gunakan di Dropbox yaitu Bussines, Pro dan Enterprise

Pendiri Dropbox adalah Arash Ferdosi dan Drew Houston

B. Google Drive


Penyedia Layanan Penyimpanan Data Online Terbaik Dan Gratis, Cloud Storage Terbaik

Google memiliki produk perangkat lunak berupa layanan penyimpanan awan (cloud storage) yang diberi nama Google Drive. Layanan ini terintegrasi dengan akun Google (Gmail) yang kita miliki. Hanya dengan satu akun Google, kita dapat mengakses berbagai layanan dan produk Google, termasuk juga Drive.

Google Drive memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 15GB untuk digunakan sebagai penyimpanan bersama Drive, Gmail dan Google+. Jadi, secara otomatis file yang terdapat di Gmail dan Google+ akan tersimpan di Drive. Google Drive juga menyediakan layanan berbayar dengan tingkat harga yang bervariasi :

Total Storage Monthly Price
15 GB Free
100 GB $1,99
1 TB $9,99
10 TB $99,99
20 TB $199,99
30 TB $299,99

Karena Drive sudah terintegrasi dengan Gmail, maka kita tidak perlu membuat akun Drive, cukup dengan akun Google yang kita miliki. Dengan menggunakan Akun Google kita dapat memperoleh beberapa kemudahan dalam mengirim dan menyimpan file :

(1) Mudah dalam menyisipkan file atau tautan (link) pada saat menulis email di Gmail, karena Drive sudah terintegrasi dengan Google Mail.

(2) Dapat mengirim file dengan ukuran yang besar melalui email.

(3) Terdapat fiture canggih untuk memindai dokumen melalui aplikasi Drive di Android. Ambil dokumen dan pindai dengan perangkat Android yang digunakan maka, dokumen akan tersimpan langung di Drive sebagai file PDF.

(4) Dapat menggunakan layanan Google lainnya yang terintegrasi dengan Drive, seperti Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Foto dll. Secara otomatis file tersebut akan tersimpan di Drive dan mudah untuk berbagi dengan orang lain.

C. OneDrive


Penyedia Layanan Penyimpanan Data Online Terbaik Dan Gratis, Cloud Storage Terbaik

Layanan penyimpanan awan milik Microsoft ini juga terintegrasi dengan akun Microsoft. Setiap pemilik akun Mirosoft dapat menikmati layanan penyimpanan file berbasis cloud dengan kapasitas yang diberikan sebesar 5 GB (Sebelumnya 15 GB).

Microsoft memang menurunkan kapasitas penyimpanan untuk oneDrive dari 15 GB menjadi 5 GB. Memang bukan hal yang menyenangkan, terutama bagi pengguna oneDrive yang sudah terlanjur melakukan penyimpanan file lebih besar dari 5 GB. Kini mereka tidak dapat lagi melakukan upload file dan ditandai dengan Read Only. Bila ingin melakukan upload  file, mereka diharuskan menghapus file lama untuk digantikan dengan file baru, tentu harus di bawah 5 GB.

OneDrive merupakan nama terbaru dari layanan penyimpanan awan milik Micrsoft ini. Sebelumnya oneDrive bernama SkyDrive, Windows Live SkyDrive dan Windows Live Folder. Untuk menggunakan layanan cloud stroage oneDrive, kita harus memiliki akun Microsoft (outlook/hotmail). Aplikasi OneDrive tersedia untuk Windows, Mac os, Android, iOS dan Windows phone. Bagi pengguna sistem operasi komputer Windows 10, tidak perlu memasang kembali oneDrive, karena sudah disertakan pada paket instalasinya.

Bila kita tidak puas dengan hanya 5 GB ruang penyimpanan di oneDrive, kita dapat menggunakan layanan berbayar dengan harga yang bervarisasi. Kita dapat menambahkan ruang penyimpanan sebesar 50 GB. Tersedia juga paket oneDrive + Paket Office 365 (personal) dan kita akan mendapatkan 1 TB ruang penyimpanan + aplikasi Office (Word,Excel dan PowerPoint). Sedangkan paket oneDrive + Paket Office 365 (Home, untuk 5 pengguna) masing-masing akan mendapatkan 1 TB ruang penyimpanan + aplikasi Office.

Selain itu terdapat juga paket OneDrive for Business + Office 365 yang terdiri dari paket 1 dan paket 2. selengkapnya lihat di alamat ini :

https://products.office.com/id-ID/onedrive-for-business/compare-onedrive-for-business-plans

Fasilitas yang terdapat pada oneDive hampir sama dengan Google Drive. Keduanya memang memiliki lebih banyak fiture menarik bila dibandingkan dengan Dropbox. Berikut kemudahan dan fasilitas yang bisa kita peroleh dengan menggunakan oneDrive.

(1) Mudah dalam menyisipkan file atau tautan (link) pada saat menulis email di Microsoft Outlook/Hotmail.

(2) Berkolaborasi dengan  Word, Excel, PowerPoint dan oneNote, melalui pc/laptop, ponsel dan juga web browser (online editor). Dengan demikian kita akan mudah dalam berbagi file dokumen secara online.
 
(3) Berbagai kemudahan lainnya bisa kita peroeh saat menggunakan oneDrive, terutama dalam hal penggunaan dengan tampilan visual yang menarik.

(4) Pengguna sistem operasi komputer Windows 10 akan lebih banyak menikmati fasilitas dari oneDrive daripada pengguna sistem operasi komputer lainnya

D. Box.com


Penyedia Layanan Penyimpanan Data Online Terbaik Dan Gratis, Cloud Storage Terbaik

Sebelum kita mengenal tiga layanan cloud storage diatas, BOX.COM sudah hadir lebih dulu sebagai layanan penyimpanan awan pertama yang pernah ada di dunia maya. Box.com mulai berdiri sekitar tahun 2005 dan sampai saat ini masih tetap eksis meskipun mulai tergeser kepopulerannya oleh Dropbox, Google Drive dan oneDrive.

Dengan memiliki akun di Box.com kita akan mendapatkan ruang penyimpanan gratis sebesar 10 GB dengan maksimal sekali upload file sebesar 250 MB. Box.com juga menyediakan layanan berbayar dengan tiga varian yaitu Personal Plans, Business Plans dan Platform Plans. Dimana masing - masing varian memiliki beberapa jenis layanan yang berbeda :

1. Personal Plans

(a) Personal Free

Merupakan layanan gratis dari Box.com

(b) Personal Pro

Layanan berbayar dengan kapasitas 100 GB dan maksimal sekali upload file sebesar 5 GB.

2. Business Plans

(a) Starter

Layanan berbayar box.com dengan kapasitas penyimpanan sebesar 100 GB dan batas maksimal sekali upload file sebesar 2 GB.

(b) Business

Dengan menggunakan layanan ini kita dapat menggunakan ruang penyimpanan sampai tak terbatas (unlimited) dengan maksimal sekali upload file sebesar 5 GB

(c) Enterprise

Semua fasilitas yang ada di Business ada di layanan ini dengan beberapa tambahan fiture lainnya.

3. Platform Plans

(a) Integrate with Box

Layanan ini digunakan untuk menghubungkan akun box.com yang kita miliki dengan sebuah aplikasi yang didukung penuh oleh pengembang.

(b) Bulid With Box Platform

Kita dapat membangun sendiri aplikasi box.com pada perangkat komputer desktop atau mobile melalui layanan box.com yang satu ini. Fasilitas yang ditawarkan lebih bervariasi dengan tingkat keamanan sistem yang pastinya lebih baik.

Kesimpulan


Hampir semua layanan Cluod Storage baik itu berbayar maupun gratis memiliki berbagai fiture menarik yang membuat layanan tersebut memiliki daya saing yang tinggi. Empat (4) layanan cloud storage diatas semuanya memiliki fiture two-step verification (dua langkah verifikasi) sehingga tingkat keamanan akun dapat terjaga dengan baik. Demikian mengenai 4 Penyimpanan Online terbaik dan terpopuler saat ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam melakukan penyimpanan file secara online.


EmoticonEmoticon