Monday 14 November 2016

Cara Mematikan Suara Pada Salah Satu Tab Browser FireFox, Chrome Dan Opera Tanpa Add-ons

Tags

Mematikan Suara Pada Tab Browser - Suara pada salah satu tab Browser dapat kita mute atau matikan secara manual tanpa perlu menggunakan add-ons/ekstensi. Sebagian besar web browser sudah menyertakan fiture ini termasuk pada perambah situs web FireFox, Google Chrome dan Opera. Mematikan suara ini bertujuan supaya tidak ada suara (audio) yang terdengar pada salah satu tab halaman situs web yang kita buka. Biasanya hal ini kita lakukan pada saat menjalankan video dan audio secara streaming atau untuk mengatasi situs web yang menjalankan autoplay saat kita mengunjungi situs web tersebut.

Selain untuk membuka halaman situs web, perambah FireFox, Chrome dan Opera juga dapat digunakan sebagai media player file video dan audio. Kita tinggal drag & drop saja file video dan audio ke dalam halaman web browser dan secara otomatis web browser akan memutar file suara tersebut disertai dengan tombol Play/Pause. Memang sekarang ini web browser sudah banyak mengalami perkembangan dan memiliki berbagai fungsi serta kaya akan ekstensi/add-ons yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing pengguna web browser.

Cara Mematikan Suara Pada Salah Satu Tab Browser FireFox, Chrome dan Opera


FireFox, Chrome dan Opera merupakan tiga web browser paling populer yang banyak digunakan oleh para pengguna internet. Selain itu, Microsoft Edge (Windows 10) dan Safari juga termasuk web browser yang banyak digunakan terutama oleh pengguna sistem Windows dan Mac OS-X. Fiture-fiture yang dimiliki oleh Edge dan Safari juga tidak kalah dengan browser lainnya.

Web browser yang baik adalah yang fast loading, memiliki banyak add-ons/ekstensi serta beragam tema dan fiture menarik lainnya yang dapat membantu penggunanya dalam mengakses halaman situs web serta melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan situs web.

Hampir setiap sistem operasi komputer memiliki web browser default sistem yang biasanya memiliki fiture dan nilai plus yang sesuai dengan sistem operasi komputer yang digunakan. Pengguna internet dapat memilih berbagai macam web browser sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Banyak sekali tersedia web browser yang bisa kita pasang (instal) di berbagai sistem operasi komputer baik itu Linux, Windows, Mac OS-X atau yang lainnya. Sebagian dari web browser tersebut memiliki karakteristik dan fiture unik untuk dapat bersaing dengan web browser lainnya.

Kembali ke masalah cara mematikan suara pada salah satu tab web brower FireFox, Google Chrome dan Opera. Tombol suara biasanya terletak di dalam tab browser bisa disebelah tombol Close X atau disebelah kiri tab browser. Tombol ini berupa ikon speaker (pengeras suara) yang sudah sangat familier di mata kita. Saya yakin semua pengguna komputer dan internet pasti sudah mengenali ikon suara ini. Ketika kita menjalankan file audio baik itu dari halaman situs web (online) maupun dengan file audio yang kita miliki (offline) maka akan muncul Ikon Suara yang mengindikasikan bahwa tab browser sedang menjalankan file suara. Bahkan pada browser Opera, kita akan melihat efek suara keren yang terlihat seperti dalam sebuah aplikasi media player.

Cara Mematikan Suara Pada Salah Satu Tab Browser FireFox, Chrome Dan Opera Tanpa Add-ons

1. Mematikan Suara Pada Tab Mozilla FireFox Browser


Sebagai perambah situs web paling populer saat ini, FireFox memiliki banyak fiture menarik, add-ons dan beraneka macam tema yang bisa kita gunakan sesuka hati. Salah satunya adalah mematikan suara pada salah satu tab web browser. Pada saat kita membuka halaman situs web yang menjalankan file audio maka, secara otomatis akan muncul ikon suara di tab FireFox sebagai indikator bahwa halaman tab browser sedang menjalankan file audio. Untuk mematikan suara pada tab tersebut cukup lakukan dengan cara sebagai berikut :

KLIK Kanan Tab --> Pilih Mute Tab atau KLIK pada Ikon Suara dan setelah itu akan terlihat garis miring atau tanda silang pada ikon suara yang menandakan bahwa suara dalam kondisi tidak aktif (mute)

2. Mematikan Suara Pada Tab Google Chrome Browser


Google Chrome sebagai perambah situs web buatan Google yang selalu menghadirkan fiture-fiture terbaiknya. Google Chrome memang kaya akan ekstensi dan tema yang menarik. Termasuk fasilitas untuk mematikan suara di tab browser Chrome. Chrome dapat berjalan di berbagai sistem operasi komputer (multiplatform).

Hampir sama dengan FireFox, Untuk mematikan/nonaktifkan suara di Google Chrome dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

KLIK Kanan Tab Browser --> Pilih Nonaktifkan Tab (Mute). Hanya saja kita tidak dapat mematikan suara dengan cara KLIK langsung pada Ikon Suara yang terletak di sebelah tombol X (Kanan Tab). Setelah itu semua suara di dalam tab browser dalam kondisi tidak aktif

3. Mematikan Suara Pada Tab Opera Browser


Seperti yang kita tahu, Opera browser merupakan salah satu web browser dengan tampilan speed dial yang cukup menawan. Opera banyak disukai oleh para pengguna internet karena ringan dan memiliki banyak tema serta ekstensi yang menarik. Selain itu, web browser ini memiliki tampilan yang berbeda dari FireFox dan Chrome yang cukup sejuk dipandang mata.

Untuk mematikan fiture suara pada salah satu tab browser Opera, caranya adalah sama seperti pada FireFox dan Google Chrome yaitu :

KLIK Kanan Tab --> Pilih Matikan Tab (mute) atau KLIK pada ikon suara yang terletak di sebelah kiri TAB

Pengguna Microsoft Edge dan Safari juga dapat melakukan hal yang sama seperti pada Mozilla FireFox, Google Chrome dan Opera untuk mematikan suara pada salah satu tab browser. Mematikan suara pada salah satu TAB Browser FireFox, Google Chrome dan Opera akan menonaktifkan semua suara (audio) yang sedang berjalan maupun yang otomatis berjalan pada sebuah halaman situs web. Demikian cara mematikan/menonaktifkan (mute) suara (audio) pada salah satu halaman tab web browser FireFox, Google Chrome dan Opera.


EmoticonEmoticon