Wednesday 28 September 2016

Cara Mengganti Tampilan Splash Screen Linux Mint Cinnamon 18 Sarah

Mengganti Splash Screen Linux Mint Cinnamon - Logo Linux Mint yang menghiasi tampilan boot screen (splash screen) dapat kita ganti dengan gambar/foto dan logo lainnya. Kita juga dapat membuat logo sendiri untuk dijadikan sebagai tampilan splash screen dengan menggunakan aplikasi pengolah gambar (grafis), misalnya : inkscape.

Bila kita memiliki foto favorit, seperti misalnya : Artis idola, Tim sepakbola idola, Logo , Orang yang kita sayangi atau yang lainnya, mungkin akan membuat tampilan splash screen sistem komputer menjadi lebih menarik dan membuat kita menjadi lebih bersemanagat dalam melakukan pekerjaan. Selain mengganti tampilan logo splash screen, kita juga dapat menambahkan tema splash screen lainnya yang dapat kita unduh di internet.

Cara Mengganti Tampilan Splash Screen (Boot Screen) Di Linux Mint Cinnamon 18 Sarah

Cara Mengganti Tampilan Splash Screen (Boot Screen) Di Linux Mint Cinnamon 18 Sarah


Linux Mint 18 Sarah hadir dengan wajah dan tampilan baru. Banyak hal yang berbeda pada Linux Mint 18 bila dibandingkan dengan versi sebelumnya, termasuk pada setelan tampilan splash screen. Sebelumnya saya pernah memposting tentang cara mengganti tampilan logo Linux Mint saat booting (splash screen) untuk versi 17. Namun, untuk versi 18 terdapat sedikit perbedaan dan kali ini saya menulis kembali artikel yang sama, yang bisa diterapkan pada Linux Mint 18 Sarah. Bagi pengguna Linux Mint versi 17.3 (Rosa) dapat melakukan upgrade ke versi 18 (Sarah), silahkan baca artikel saya mengenai cara upgrade Linux Mint 18 edisi Cinnamon dan Mate.

A. Menyiapkan File Gambar / Logo Pengganti Logo Linux Mint


Siapkan terlebih dahulu gambar, logo atau foto yang anda miliki. Semuanya bisa digunakan sebagai logo splash screen di Linux Mint. Baik itu foto pribadi, gambar yang anda peroleh di internet atau logo yang kita buat sendiri dengan menggunakan aplikasi pengolah gambar grafis.

Gunakanlah file gambar yang berformat PNG, sesuai dengan format gambar logo Linux Mint. Sementara untuk ukuran gambar dapat disesuaikan dengan ukuran default gambar logo Linux Mint yaitu (128x115 px). Untuk mengubah dimensi gambar, kita dapat menggunakan aplikasi inkscape sekaligus merubah format gambar menjadi PNG. Baca artikel saya tentang cara mengubah dimensi gambar menggunakan inkscape

Kita tidak harus menggunakan gambar dengan ukuran (dimensi) sama dengan ukuran default logo Linux Mint, namun untuk hasil terbaik sebaiknya gunakanlah sesuai ukuran default.

B. Mengganti Logo Linux Mint Dengan Gambar Yang Sudah Kita Siapkan


Setelah proses pembuatan file gambar selesai, saatnya kita mengganti logo Linux Mint dengan gambar tersebut. Pindahkan dulu logo Linux Mint ke folder lainnya, lebih baik jangan dihapus mungkin saja kita akan menggunakannya di lain waktu. Buka file manager (Nemo) lalu masuk sebagai root (super user) pada direktori : ~/usr/share/plymouth/themes/mint-logo

Klik kanan > Lalu Pilih Buk Sebagai Root > Masukan Password root

Terdapat dua logo Linux Mint yaitu mint-logo.png dan mint-logo16.png, pindahkan saja kedua gambar tersebut ke direktori lainnya di Linux Mint. Selanjutnya salin dan tempel gambar yang sudah kita siapkan ke dalam folder ~/usr/share/plymouth/themes/mint-logo. Lalu ganti nama gambar tersebut dengan nama yang sama pada logo Linux Mint.

Nama logo Spash Screen Linux Mint 18 adalah mint-logo dan mint-logo16

C. Lakukan update konfigurasi splash screen


Setelah mengganti logo Linux Mint dengan gambar yang lain yang kita kehendaki, selanjutnya lakukan update konfigurasi splash screen. Buka terminal Linux (ctrl-alt-t) lalu ketik perintah teks berikut ini :

sudo update-alternatives --config default.plymouth

Hasilnya :
There is only one alternative in link group default.plymouth (providing /usr/share/plymouth/themes/default.plymouth): /usr/share/plymouth/themes/mint-logo/mint-logo.plymouth
Tiada yang dikonfigurasi

Ternyata hanya ada satu pilihan splash screen, karena kita belum menambahkan tema splash screen lainnya ke dalam sistem Linux Mint. Jadi, abaikan saja langkah ini dan lanjut ke langkah berikutnya.

D. Update initramfs -u


Selanjutnya kita lakukan update initrmfs (initial ram file system), Buka terminal Linux lalu ketik perintah teks seperti dibawah ini :

sudo update-initramfs -u

Bila terdapat pesan warning! seperti ini :

update-initramfs: Generating /boot/initrd.img-4.4.0-21-generic
Warning: No support for locale: id_ID.utf8

Hal ini terjadi karena local-gen berupa arsip file binary (local-arhive). Lihat pada direktori ~/usr/lib/locale . Disana terlihat dua file C.UTF-8 dan locale-archive. Ketik perintah di bawah ini pada terminal Linux :

sudo locale-gen --purge --no-archive

Hasilnya :
Generating locales (this might take a while)...
en_AG.UTF-8... done
en_AU.UTF-8... done
en_BW.UTF-8... done
en_CA.UTF-8... done
en_DK.UTF-8... done
en_GB.UTF-8... done
en_HK.UTF-8... done
en_IE.UTF-8... done
en_IN.UTF-8... done
en_NG.UTF-8... done
en_NZ.UTF-8... done
en_PH.UTF-8... done
en_SG.UTF-8... done
en_US.UTF-8... done
en_ZA.UTF-8... done
en_ZM.UTF-8... done
en_ZW.UTF-8... done
id_ID.UTF-8... done
Generation complete.

Lihat kembali pada direktori ~/usr/lib/locale , kini file locale-archive telah hilang dan digantikan dengan file lainnya.

Setelah itu ketik perintah teks berikut ini :

sudo update-initramfs -u -t

Seharusnya sudah tidak muncul pesan peringatan Warning: No support for locale: id_ID.utf8.

E. Restart Komputer


Setelah semua proses untuk mengganti tampilan logo Linux Mint dijalankan dan sukses tanpa pesan kesalahan atau warning , restart komputer dan lihat hasilnya. Kini tampilan splash screen sudah tidak berupa logo Linux Mint melainkan berupa gambar yang sudah kita siapkan tadi.

Menambahkan Tema Splash Screen Linux Mint 18


Untuk memperkaya tema splash screen Linux Mint 18 Sarah, kita dapat menambahkannya dengan cara mengunduh tema dan kemudian memasangnya secara OFFLINE. Banyak sekali tema splash screen yang dapat kita unduh di internet, Salah satu situs web yang menyediakan tema splash screen Linux adalah gnome-look. Klik pada kategori Plymouth Themes lalu cari tema splash screen yang ditujukan untuk Linux Mint 18. Pilih salah satu tema yang anda sukai.

Misalnya :
Saya akan memasang tema splash screen dengan nama Spinning Dandelions Linux Mint 18 (Ubuntu 16.04): https://www.gnome-look.org/p/1143453/
  1. Klik tautan diatas untuk masuk ke halaman tema splash screen Spinning Dandelions
  2. Klik pada tab menu Files (2) untuk mengunduh tema yang berupa file arsip yang terkompresi
  3. Ekstrak file tema Dandelions kemudian pindahkan ke folder ~/usr/share/plymouth/themes/ masuk sebagai root. Nama file hasil ekstrak adalah dandelion, jangan mengubah nama apapun pada tema, biarkan seperti apa adanya
  4. Buka terminal Linux lalu ketik perintah berikut ini :
sudo update-alternatives --install /usr/share/plymouth/themes/default.plymouth default.plymouth /usr/share/plymouth/themes/dandelion/dandelion.plymouth 100
  1. Selanjutnya ketik perintah teks berikut ini :
sudo update-alternatives --config default.plymouth
  1. Lihat pada konfigurasi tema splash screen dengan indikator angka (0,1,2,3 dst). Pilih tema dandelion dengan mengetikan angka 1,2,3 atau yang lainnya untuk mengaktifkan tema, misalnya seperti tampilan di bawah ini :
sudo update-alternatives --config default.plymouth
[sudo] password for *****:
Ada 3 pilihan untuk alternatif default.plymouth (seluruhnya /usr/share/plymouth/themes/default.plymouth).

  Pemilihan    Path                                                     Prioritas  Status
------------------------------------------------------------
  0            /usr/share/plymouth/themes/mint-logo/mint-logo.plymouth   200       modus otomatis
* 1            /usr/share/plymouth/themes/dandelion/dandelion.plymouth   100       modus manual
  2            /usr/share/plymouth/themes/mint-logo/mint-logo.plymouth   200       modus manual
  3            /usr/share/plymouth/themes/ultimint/ultimint.plymouth     100       modus manual

Press <enter> to keep the current choice[*], or type selection number: 1

Dengan mengetikan angka 1, maka kita mengaktifkan tema dandelion sebagai tema splash screen Linux Mint.
  1. Selanjutnya ketik perintah dibawah ini :
sudo update-initramfs -u
  1. Restart Komputer dan lihat hasilnya
Bila terjadi kegagalan saat menerapkan tema splash screen, kemungkinan tema tersebut tidak diperuntukan untuk Linux Mint 18, carilah tema lainnya yang dapat di pasang pada sistem Linux Mint 18 Sarah.

Kesimpulan


Merubah tema Splash Screen Linux Mint memang sesuatu yang mengasikan. Selain mengganti logo Linux Mint dengan gambar yang kita sukai, kita juga dapat menambahkan tema splash screen yang kita peroleh di internet. Demikian cara mengganti tema splash screen di Linux Mint 18 Sarah. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam menggunakan sistem operasi komputer Linux Mint Cinnamon 18, sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon