Wednesday 24 August 2016

Cara Membuat Akun Gmail Baru Gratis!

Membuat Akun Baru Google Mail (GMail) - Masyarakat pengguna internet pastinya sudah tahu dan paham betul apa itu email. Ya, email merupakan sebuah layanan surat menyurat dalam bentuk elektronik. Email sendiri merupakan kependekan dari 'Electronic Mail' yang bila diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia memiliki arti 'Surat Elektronik'.

Cara Membuat Akun Gmail Baru Gratis!

Layanan surat elektronik ini mirip dengan layanan surat-menyurat pada umumnya. Hanya bentuk datanya saja yang berbeda. Bila dalam surat-menyurat kita menggunakan media kertas, lain halnya dengan email yang menggunakan media elektronik. Penggunaan peralatan elektronik tentu diperlukan dalam menggunakan layanan email, seperti misalnya : komputer, smartphone, internet dan lainnya. Untuk mengirim surat elektronik, paling tidak kita membutuhkan sebuah perlengkapan elektronik yang terhubung dengan internet.

Banyak penyedia layanan surat elektronik gratis yang bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan kita dalam surat-menyurat. Dari sekian banyak penyedia layanan tersebut, tiga yang yang paling populer adalah Gmail, YahooMail dan Microsoft-Outlook. Namun, pada artikel ini saya hanya akan menjelaskan mengenai cara membuat akun Gmail gratis. Sementara untuk yahoomail dan outlook akan saya uraikan pada artikel lainnya.

Cara Membuat Akun Gmail Baru Gratis!


Sekarang saatnya kita menuju ke perangkat komputer yang terhubung dengan internet. Hidupkan komputer kita dan buka perambah situs web (Firefox, Chrome, Safari, Opera, Internet Explorer atau yang lainnya). Setelah itu kita dapat membuat akun Gmail dengan cara sebagai berikut :

1. Buka alamat situs web mail.google.com
2. Klik tombol create account
3. Terlihat formulir pendaftaran untuk membuat akun Gmail
4. Isi formulis tersebut sesuai dengan petunjuk yang ada.

Cara Membuat Akun Gmail Baru Gratis!

5. Setelah selesai mengisi formulir pembuatan akun baru gmail (lihat di bawah), klik tombol Langkah Selanjutnya (Next step)
6. Masuk pada halaman "privacy and term" , klik saja I agree
7. Masuk kehalaman akun google
8. Selesai!, silahkan atur akun google kita sesuai keinginan

Petunjuk Pengisian Formulir Akun Gmail


Lihat pada langkah ke-4, disana kita akan mengisi formulir untuk membuat akun gmail baru. Cara pengisiaanya sangat mudah. Berikut penjelasan singkatnya :

1. Nama

Tulis Nama Depan dan Nama Belakang Yang Kita miliki, bila nama kita terlalu panjang, sesuaikan saja namun, tetap menuliskan nama yang lengkap (sesuai ktp) bila kita akan menggunakan akun ini untuk keperluan yang serius.

2. Pilih Nama Pengguna Anda

Isi dengan nama akun pengguna (user_account) yang akan kita buat. Nama inilah yang akan kita jadikan alamat email dan untuk login ke akun gmail nantinya.

3.  Buat Sandi Dan Konfirmasi Sandi Anda

Buatkah kata sandi yang unik dengan variasi angka, simbol, huruf besar dan kecil supaya orang lain tidak dapat masuk ke akun gmail yang kita miliki untuk keamanan akun. Kita akan diminta menuliskan kata sandi sebanyak dua kali untuk konfirmasi.

4.  Tanggal Lahir

Isi tanggal lahir kita dengan lengkap mulai dari tahun, bulan dan tanggal.

5. Gender

Isi dengan jenis kelamin kita, pria atau wanita

6. Ponsel

Isi dengan nomor ponsel atau handphone yang kita miliki

7. Alamat email Anda saat ini

Bila kita memiliki akun email lainnya, kita dapat menuliskannya sebagai alamat email alternatif. Biasanya digunakan untuk keamanan akun email sebagai verifikasi pada saat kita lupa kata sandi dan ingin menggantinya dengan yang baru.

8. Lokasi

Pilih lokasi tempat kita tinggal

Setelah membuat akun Gmail, bila kita ingin mengakses berbagai layanan dari produk Google, klik pada tombol berbentuk grid kotak kecil di sebelah kanan atas halaman akun Gmail. Nanti akan terlihat produk-produk google yang terhubung dengan akun Gmail yang baru saja kita buat. Pilih 'Gmail' untuk menulis surat elektronik.

Sampai disini kita sudah selesai untuk membuat akun Gmail gratis. Meskipun gratisan, namun fiture yang ditawarkan Gmail sangat memuaskan, salah satunya adalah penyimpanan data mencapai 15 GB untuk layanan email. Selanjutnya kita bisa mulai menulis dan mengirim email dengan menggunakan akun Gmail (Google Mail).

Kesimpulan


Di era sekarang ini, penggunaan teknik digital sudah semakin maju dan canggih. Demikian juga dengan media elektronik yang terus mengalami perkembangan. Keberadaan media penyimpanan data digital tentu sangat membantu untuk mengarsip file dalam jumlah banyak dengan usia yang panjang.

Email merupakan salah satu media yang tidak bisa kita tinggalkan untuk memperlancar aktivitas pekerjaan sehari-hari dibidang elektronik digital. Selain itu, untuk mengakses dan membuat akun di berbagai media sosial elektronik juga membutuhkan email. Karena itulah, email menjadi sesuatu yang penting untuk dapat mengakses berbagai hal di internet. Buat email sekarang juga dan kita akan lebih mudah dalam mengakses berbagai hal di internet. Demikian cara membuat akun Google Mail (Gmail), semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon