Monday 11 April 2016

10 Alasan Utama Mengapa Menggunakan Linux

Alasan Utama Menggunakan Linux - Memilih sistem operasi komputer memang bukanlah perkara yang sulit, sudah banyak tersedia berbagai macam sistem operasi dengan versi nya masing-masing. Apalagi Linux, beragam distro Linux kini sudah bisa kita nikmati dalam berbagai rasa. Kita memang tidak harus menggunakan Linux namun, setelah melihat perbedaan antara Linux dan Windows atau sistem operasi lainnya, kita dapat mana sistem operasi komputer yang terbaik untuk laptop dan komputer PC yang kita miliki.

Di Indonesia, sebagian besar pengguna komputer menggunakan sistem operasi Windows. Namun, pengguna Linux semakin hari semakin bertambah jumlahnya dan banyak dari pengguna Windows yang bermigrasi ke Linux. Banyak faktor dan alasan yang membuat mereka lebih memilih Linux ketimbang Windows, MAC OS X atau sistem operasi komputer lainnya dan memang sebaiknya kita menggunakan Linux untuk di pasang pada perangkat komputer yang kita miliki.

10 Alasan Utama Mengapa Menggunakan Linux


Sepuluh Alasan Utama Menggunakan Linux


Pengguna komputer yang sudah terbiasa dengan satu sistem operasi biasanya enggan untuk berpindah atau menggunakan sistem operasi komputer yang lain. Mereka sudah nyaman dengan sistem operasi yang mereka pakai. Apalagi bila sistem operasi yang mereka gunakan menawarkan banyak fiture yang menarik. Lalu mengapa memilih Linux? Berikut alasan utama menggunakan sistem operasi Linux.

1. Gratis dan 100% Legal


Untuk menggunakan sistem operasi Windows dan Mac OS X, kita harus mengeluarkan biaya pembelian lisensi aplikasi tersebut. Murah atau mahal yang jelas tetap harus bayar. Sebagian dari mereka mungkin menggunakan sistem operasi bajakan atau ilegal dan hal itu tentu membuat penggunanya tidak nyaman dan kemungkinan sering mengalami masalah pada sistem operasi yang mereka gunakan.

Linux menawarkan sesuatu yang lebih menarik dalam hal biaya untuk software sistem operasi. Tidak hanya menarik namun sangat menggiurkan yaitu "GRATIS" tanpa biaya lisensi dan hanya mengeluarkan biaya internet untuk mengunduh file installer atau jasa instalasi Linux nya saja. Tidak hanya sistem operasinya yang gratis, namun ribuan aplikasi juga tersedia gratis meskipun ada beberapa versi yang berbayar.

2. Stabil dan Aman dari Virus


Meskipun gratis, bukan berarti Linux murahan dan berkualitas rendah. Justru Linux merupakan salah satu sistem operasi yang handal dan sangat stabil. Kelebihan lain yang perlu kita cermati adalah, Linux aman dari berbagai virus yang mengganggu sistem komputer. Banyaknya pengembang Linux di seluruh dunia membuat sistem operasi ini terjaga dengan baik dari berbagai gangguan dan masalah yang terdapat di dalam sistem Linux.

Tidak perlu menunggu lama untuk mengupdate sistem linux, beberapa distro linux akan merilis versi terbarunya setiap enam bulan sekali atau dua kali dalam satu tahun. Tentu dengan fiture-fiture terbarunya dan keamanan sistem yang terus terjaga.

3. Banyak Pilihan Distro Linux


Linux bukanlah sistem operasi yang sulit untuk digunakan. Kini, Linux sudah memiliki tampilan desktop yang indah dan tersedia dalam beragam lingkungan desktop yang menawan sesuai selera anda. Perintah pada linux tidak hanya berupa teks, namun tersedia juga dalam bentuk grafik (GUI) sehingga mudah untuk digunakan bahkan oleh mereka yang belum tahu sama sekali tentang linux.

Banyaknya distro Linux membuat kita memiliki banyak pilihan yang bisa kita sesuaikan dengan selera kita dan komputer yang kita miliki. Kita juga dapat memasang lebih dari satu lingkungan desktop dalam satu sistem operasi linux. Tentu saja kita akan dimanjakan dengan tampilan desktop yang menawan dan kemudahan yang dimiliki dari setiap distro linux dan lingkungan desktopnya.

Distro Linux Populer :

  • Linux Mint
  • Ubuntu
  • Debian
  • Fedora
  • Open Suse

4. Linux Lebih Menyenangkan Dan Lebih Bervariasi


Bagi yang suka utak-atik software sistem operasi, menggunakan linux lebih menyenangkan dan banyak variasi yang bisa kita lakukan pada sistem operasi yang satu ini. Banyaknya tema dan aplikasi dari beragam lingkungan desktop di linux, akan membawa kita ke dalam sistem linux yang penuh dengan kreativitas yang unik. Kita dapat merombak linux yang kita gunakan sesuai selera kita, terutama tampilan desktop linux.

5. Linux Ringan dan Dapat Berjalan di Komputer Tua (Jadul)


Punya komputer dengan spesifikasi hardware rendah, jangan dibuang dulu atau di sampahkan. Sebelum anda menjualnya, mungkin perlu mencoba memasang linux di komputer tua tersebut dan mungkin anda akan mengurungkan niat  untuk menjualnya atau membuang komputer tua dengan spesifikasi hardware rendah itu ke pasar barang bekas.

Banyak distro linux yang dapat berjalan ringan di komputer dan dapat menghidupkan komputer tua yang awalnya mungkin menggunakan Windows 95, NT, 2000 atau XP. Soal tampilan jelas tidak mengecewakan dan mudah dalam mengoperasikannya.

Distro Linux Ringan

  • Lubuntu
  • xUbuntu
  • Linux Mint Xfce
  • Linux Mint Mate
  • BlankOn
  • Puppy Linux

6. Aplikasi Yang Lengkap, Gratis dan Aman


Program atau aplikasi yang dimiliki linux terbilang sangat lengkap yang tersedia di Repository linux ( seperti google play Android atau AppStore pada iOS ). Ribuan aplikasi siap untuk  diunduh dan dipasang di sistem linux. Yang pasti lebih aman dari ancaman virus dan program jahat lainnya.

Game, Perkantoran (LibreOffice), Audio, Video, Grafik, Browser, Internet, Pemrograman dan banyak lagi lainnya. Bila aplikasi yang kita cari tidak ada di sana, kita dapat menambahkan sumber penyedia aplikasi PPA (Personal Packaging Archive) dari sumber yang aman ke dalam sistem.

7. Kode Sumber Yang Terbuka


Bila sistem operasi lain menyembunyikan atau merahasiakan kode sumbernya, lain halnya dengan linux. Kode sumber linux di bebaskan atau dapat diakses oleh masyarakat pengguna internet. Tujuannya adalah mereka yang tertarik dengan linux dapat ikut serta mengembangkan sistem operasi ini. Bila terdapat banyak pengembang, tentu lebih mudah dan cepat untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terdapat di linux dan semakin hari linux akan terus berkembang dan berkembang sampai kapanpun.

8. Tersedia Dalam Banyak Bahasa


Secara default, pada umumnya sistem operasi menggunakan bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris. Begitu juga dengan Linux, menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa defaultnya. Linux sendiri tersedia dalam banyak bahasa dan kita dapat mengganti bahasa sesuai selera kita termasuk bahasa Indonesia. Jadi, bagi yang kesulitan dalam menggunakan bahasa default Linux, tersedianya bahasa Indonesia dapat menjadi solusi bagi anda.

9. Linux Memiliki Banyak Komunitas


Banyaknya distro Linux berbanding lurus dengan banyaknya komunitas linux yang akan membantu para pengguna linux dalam memecahkan berbagai masalah dalam menggunakan linux dan dalam perkembangan linux itu sendiri. Pengguna linux tidak akan khawatir akan masalah yang mereka hadapi di dalam sistem operasi linux yang mereka gunakan. Pengguna linux di seluruh dunia akan membantu memecahkan masalah tersebut dan para pengembang linux dengan senang hati menerima kekurangan distro linux yang mereka kembangkan dan segera melakukan perbaikan terhadap permasalahan tersebut.

Bila anda mengalami permasalahan dalam sistem linux yang anda gunakan, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya pada forum dan komunitas linux yang ada dan laporkan setiap kekurangan yang ada pada sistem kepada pengembang distro linux supaya mereka dapat segera memperbaiki sistem yang mereka kembangkan.

10. Linux Dapat Digunakan Tanpa Perlu Install di Komputer (LIVE)


Fiture linux yang satu ini memang jarang kita temui di sistem operasi lainnya. Untuk menggunakan linux, kita tidak perlu install di komputer sobat, namun tentu saja tidak maksimal dalam penggunaanya. Live linux memang di tujukan bagi kita yang ingin mencoba linux sebelum menginstalnya di komputer, seperti semacam demo. Kita dapat melakukan berbagai aktivitas di Live linux ini sama seperti kita menggunakan linux pada umumnya, namun semua aktivitas tersebut akan hilang ketika kita keluar dari Live linux.

Kesimpulan


Apakah anda tertarik menggunakan linux? bila ya mungkin anda perlu mencoba Live linux terlebih dahulu sebelum anda memasang linux di komputer. Sejauh yang saya tahu, linux itu memiliki sistem keamanan lebih baik dari sistem operasi Windows. Tampilan linux pun tidak kalah dengan Windows bahkan lebih baik dan banyak variannya.

Mac Os X merupakan sistem operasi yang hanya berjalan di komputer khusus buatan produsen dengan merk Apple. Tampilannya bagus, aman dari virus, kecepatan ok, cocok untuk design grafis dengan tampilan yang menawan, harga mahal dan jumlah aplikasi tidak sebanyak Windows dan Linux.

Itulah beberapa alasan mengapa kita menggunakan linux sebagai sistem operasi komputer yang kita miliki. Apapun sistem operasinya, jadilah pengguna komputer yang terampil dalam mengunakan sistem operasi. Semua sistem operasi memiliki tujuan yang sama yaitu membuat komputer dapat berjalan dengan baik dan mudah dalam berinteraksi dengan user (pengguna). Saya sendiri menggunakan sistem operasi Linux Mint. Sekian dan Terima Kasih.

2 komentar

Mantap kan informasi nya

kunjungi juga
https://jenongtekno.blogspot.co.id/


EmoticonEmoticon