Monday 28 March 2016

Cara Membuat Catatan (Note) Dengan XPAD Di Linux Mint

Tags

XPAD, Aplikasi Note Linux Mint - Menyimpan catatan khusus memang perlu kita lakukan terutama catatan yang berisi hal-hal yang penting. Agar kita tidak kehilangan catatan tersebut, sebaiknya kita menyimpan catatan tersebut di tempat khusus dan mudah untuk kita ingat.

Media untuk menulis catatan tersebut dapat berupa kertas, kayu, batu, kulit dan lain sebagainya. Biasanya, bila kita tidak membawa kertas tulis, media apapun bisa kita gunakan sebagai tempat untuk menulis catatan khusus supaya kita tidak lupa mengenai catatan tersebut.

Dalam dunia digital, kita mengenal berbagai aplikasi untuk membuat catatan tentang hal-hal yang penting dan mungkin catatan tersebut akan kita gunakan di suatu waktu bahkan mungkin setiap hari. Salah satu aplikasi komputer untuk membuat catatan "Note" adalah XPAD.

Cara Membuat Catatan (Note) Dengan XPAD Di Linux Mint

XPAD, Aplikasi Note Linux Mint


Sebenarnya Linux Mint sudah memiliki aplikasi pembuat catatan yaitu Tomboy Note, namun aplikasi ini termasuk dalam paket mono yang penggunaanya terlalu beresiko terhadap sistem keamanan Linux Mint. Maka dari itu, lebih baik kita menghapus paket mono dari sistem Linux Mint. Sebagai ganti Tomboy Note, kita bisa memasang Xpad yang memiliki fungsi sama dengan Tomboy Note yaitu membuat catatan.

Instal Xpad di Linux Mint


Paket aplikasi Xpad sudah terdapaat di repository Linux Mint, jadi kita tinggal instal saja melalui pengelola perangkat lunak, terminal atau synaptic. Sebagai contoh saya akan memasang Xpad melalui terminal linux. Buka terminal (Ctrl-Alt-t) lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt-get install xpad

Aplikasi Xpad tidak hanya berjalan di sistem Linux, melainkan dapat juga berjalan di sistem Windows dan Mac OS

Menggunakan Xpad Untuk Membuat Catatan


Setelah proses pemasangan aplikasi Xpad selesai, kita dapat langsung menjalankan aplikasi ini melalui :

Menu > Aksesoris > Xpad

Setelah itu kita dapat mengatur preferensi Xpad terlebih dahulu sebelum mulai menuliskan catatan di sana.

Klik kanan pada area Xpad > Preference

Banyak yang bisa kita atur pada menu preference Xpad, saya hanya akan mengubah pada warna Xpad dan Font yang digunakan, untuk pengaturan lainnya silahkan di coba sendiri. Pada jendela preference Xpad lakukakan seperti di bawah ini :
  1. Klik pada menu Layout
  2. Klik pada tombol “Use these Color”, silahkan pilih warna untuk teks dan background
  3. Klik tombol “Use this font” untuk memilih jenis font pada Xpad, silahkan pilih font yang ada di dalam sistem komputer
Setelah itu kita dapat membuat catatan sesuka hati kita menggunakan aplikasi note ringan dan simpel Xpad.
  1. Klik tombol (+) untuk membuat catatan baru
  2. Klik tombol (x) untuk menghapus catatan
  3. Xpada juga dilengkapi dengan tombol cut, copy, paste, undo dan redo, silahkan gunakan tombol tersebut untuk melakukan editing catatan di Xpad
Setiap kali kita membuka aplikasi Xpad, Ikon Xpad akan berada di panel Linux Mint. Klik kanan ikon tersebut untuk melihat Daftar catatan yang sudah kita buat, Preferensi, Membuat catatan baru dan untuk menutup Xpad.

Menghapus Aplikasi Xpad Di Linux Mint


Bila ingin meghapus aplikasi Xpad dari sistem Linux Mint, caranya cukup mudah. Namun, dari beberapa aplikasi note di sistem linux, Xpad merupakan yang paling populer dan banyak pengguna sistem linux yang menggunakan aplikasi ini. Mungkin, bila suatu saat ada aplikasi note yang lebih bagus dari Xpad, kita dapat menghapus Xpad dengan cara sebagai berikut :

sudo apt-get remove xpad
sudo apt-get purge xpad

Kesimpulan


Aplikasi Note memang diperlukan untuk membuat catatan khusus. Kita tidak mungkin mengingat semua hal dan catatan inilah yang akan membantu kita untuk mengingat hal tersebut. Xpad merupakan salah satu aplikasi pembuat catatan terbaik di sistem Linux Mint yang dapat berjalan dengan ringan dan memiliki tampilan yang simpel dan sederhana. Sangat cocok bagi pengguna yang sering membuat catatan tertentu untuk digunakan dalam kerja sehari-hari. Membuat catatan menggunakan aplikasi note jauh lebih cepat dan mudah bila dibandingkan dengan menggunakan aplikasi teks editor atau perkantoran misalnya : gedit atau libreoffice. Demikian mengenai Xpad, aplikasi pembuat catatan sederhana di Linux Mint.


EmoticonEmoticon