Sunday 26 July 2015

Mengenal Libreoffice, Aplikasi Perkantoran Linux Mint

Tags

Aplikasi Perkantoran LibreOffice - Pengguna distro linux terutama Linux Mint pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya LibreOffice. Ya, aplikasi perkantoran banyak distro linux ini sudah dapat dijadikan sebagai pengganti dari MS Office sebagai pembuat dokumen-dokumen office seperti word, excel, power point dan lain-lainnya. Dalam LibreOffice kita akan menjumpai yang namanya writer, calc dan impress yang memilki fungsi sama dengan word, excel, power point.

LibreOffice merupakan perangkat lunak open source dan gratis baik untuk personal maupun dalam lingkup yang lebih luas. Aplikasi ini dikembangkan oleh The Document Foundation yang mengedepankan nirlaba dalam pengembangannya. LibreOffice mulai dikembangkan setelah Open Office berganti kepemilikan dan namanya berubah menjadi Apache Open Office yang beberapa bagiannya sudah di komersilkan.

Pengguna sistem operasi Linux, Windows dan Mac OS dapat menikmati fiture-fiture yang ada di LibreOffice dengan baik. Meskipun pengguna windows sudah memiliki aplikasi perkantoran yaitu MS Office namun, menggunakan MS Office tentu bukan tanpa biaya, melainkan harus membayar nilai komersil dari aplikasi ini. Tidak masalah, kan MS Office memiliki banyak fasilitas yang lengkap untuk mengerjakan tugas-tugas perkantoran dengan tampilannya juga menarik. Apalagi  kita sudah terbiasa menggunakan aplikasi ini pada sistem Windows.

Menggunakan Libreoffice tentu saja lebih murah bahkan mungkin bisa di bilang gratis. Lho kok bisa? tentu saja bisa, kita tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan aplikasi ini. Biaya yang kita keluarkan hanya ongkos teknisi komputer untuk memasang aplikasi ini, atau bila kita memasang sendiri, hanya mengeluarkan biaya mengunduh paket file installernya.

Apakah fasilitas Libreofice selengkap MS Office?

Libreoffce bisa dibilang sangat lengkap untuk mengerjakan tugas-tugas seputar perkantoran. Yang pasti aplikasi ini punya banyak penggemar terutama di kalangan pengguna sistem operasi Linux. Libreoffice merupakan aplikasi sumber terbuka. Bila sebelumnya kita mengenal OpenOffice, maka aplikasi ini hampir serupa dengan itu. Proyek Libreoffice dimulai pada tahun 2010, ketika Oracle mengakuisisi OpenOffice. Dari sinilah para pengembang nirlaba kemudian mengembangkan kelanjutan dari OpenOffice yaitu Libreoffice.

Nama LibreOffice sendiri diambil dari dua kata yaitu Libre (bebas) dan Office (kantor). Karena proyek kelanjutan OpenOffice, maka semua fiture yang ada pada OpenOffice ada di Libreoffice. Dalam perkembangannya, Libreoffice akan jauh lebih berkembang dari OpenOffice karena di kembangkan oleh para pengembang nirlaba.

Libreoffice, Aplikasi Perkantoran Linux Mint

Menggunakan Libreoffice Di Linux Mint


Pengguna distro Linux Mint sudah tidak perlu lagi menginstal aplikasi perkantoran LibreOffice ke dalam sistem komputer karena, LibreOffice merupakan aplikasi perkantoran default sistem Linux Mint. Kita tinggal menggunakannya saja hanya memang versi yang digunakan bukan merupakan versi terbaru dari LibreOffice. Kita dapat memperbarui LibreOffice di sistem Linux Mint dengan menggunakan perintah teks berikut ini pada terminal linux :

sudo apt-get update
sudo apt-get install libreoffice-core

Bila kita ingin menggunakan versi paling baru dari LibreOffice maka, kita dapat menginstal LibreOffice secara OFFLine. Download file installer LibreOffice untuk Linux lalu install di sistem Linux yang kita pakai.

Baca juga : Cara install LibreOffice secara manual (Offline)

Untuk membuka aplikasi LibreOffice dapat dilakukan melalui Menu › Perkantoran › LibreOffice atau ketik saja di terminal linux libreoffice dan setelah itu kita dapat melakukan berbagai pekerjaan perkantoran dengan LibreOffice (writer, calc, impress, draw, base dan math).

Fiture-Fiture LibreOffice


Banyak sekali fiture LibreOffice yang bisa kita gunakan untuk membuat dokumen perkantoran. Berikut beberapa Fiture utama yang terdapat pada Libreoffice :

1. Menyimpan dan membuka dokumen dengan format ODF (Open Document File)
2. Mengekspor dokumen ODF menjadi flat XML.
3. Import dokumen Microsoft Visio dan Microsoft Publisher.
4. Membuka dokumen *.docx. Docx adalah format dokumen standar untuk aplikasi Microsoft Office 2007 dan terbaru.
5. Menyimpan dokumen dalam format PDF.
6. Menambahkan Komentar dan Anotasi di Dokumen.
7. Aplikasi Remote Control untuk Presentasi.
8. Berkolaborasi melalui CMIS Protocol.
9. Fitur terbaru yang memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan pengguna lain dalam mengerjakan suatu dokumen secara online.

Komponen LibreOffice


Writer Writer Document : Merupakan aplikasi pengolah kata yang mirip dengan MS Word,  mendukung berkas dokumen ODF dan mendukung format dokumen dari berbagai file seperti MS Word dll.
Calc Calc SpreadSheet : Merupakan aplikasi perangkat lunak lembar kerja yang mirip Excel, pengunaanya hampir mirip dengan excel. Dengan berbagai macam fungsi kerja yang sama dengan excel dan sedikit berbeda dalam penulisan rumus fungsi. Lebih simple dalam penggunaan dengan shortcut tombol yang relative sama dengan excel.
Impress Impress Presentation : Merupakan aplikasi yang digunakan untuk presentasi yang mirip dengan Microsoft Power Point. Terbilang cukup handal, karena bisa mengekspor berkas ke-file swf yang dapat dilihat hasilnya dengan pemutar file swf (adobe flash player). Selain itu Impress Presentation juga bisa membuat efek 3D dan objek 3D
Draw Draw Drawing : Program editor vektor grafis dan perangkat pembuat diagram yang mirip dengan Microsoft Visio. Mempunyai fitur yang setara dengan corelDraw versi awal. dalam hal publishing, perangkat ini serupa dengan Scribus,Microsoft Publisher.
Math Program ini dirancang untuk membuat dan mengedit formula matematika. Program ini juga menggunakan varian dari XML untuk membuat formula yang sudah didefinisikan di dalam spesifikasi OpenDocument. Formula ini juga dapat disematkan kedalam dokumen lain di suite LibreOffice (seperti yang dibuat oleh Writer atau Calc) dengan cara menyematkan rumus ke dalam dokumen.
Base Aplikas basis data relasional, yang serupa dengan Microsoft Access.  Mengijinkan pembuatan dan manajemen database, persiapan formulir dan laporan untuk mempermudah pengguna dalam mengakses data. Dapat juga digunakan pada banyak variasi sistem database, termasuk Access database (JET), ODBC data source, dan MySQL atau PostgreSQL.

Kelebihan LibreOffice


Sebagai aplikasi perkantoran gratis, bukan berarti LibreOffice tidak powerfull justru sebaliknya sarat dengan fasilitas yang memadai untuk membuat dokumen perkantoran. Berikut beberapa kelebihan dari LibreOffice :

1. Aplikasi perkantoran gratis, tidak seperti MS Office yang berbayar.
2. Bisa dipasang pada berbagai sistem operasi termasuk Linux, Windows dan Mac OS
3. Semua bisa jadi pengembang LibreOffice karena merupakan aplikasi sumber terbuka, dengan kode sumber yang bisa diunduh.
4. Banyak penggemar dan pengguna LibreOffice, sehingga bila mengalami kesulitan dapat mencari solusinya di berbagai sumber di internet.
5. Mudah dalam memperbarui versi terbarunya. Dengan versi terbaru, maka akan mendapatkan fiture-fiture terbaru dari LibreOffice.
6. Tampilannya keren banget!!! bisa menggunakan berbagai tema, termasuk tema Mozilla Firefox

Kekurangan LibreOffice


Selain memiliki kelebihan, LibreOffice juga punya kekurangan yang mungkin ke depanya dapat diperbaiki dan dikembangkan lebih baik lagi. Berikut beberapa kekurangan dari aplikasi perkantoran LibreOffice :

1. Sedikit berbeda dalam format rumus fungsi dengan MS Office. Bila kita terbiasa dengan MS Office, perlu sedikit penyesuain dalam hal format rumus fungsi.
2. Saat membuka file.doc hasil MS Office, terkadang format tulisan dan tabel peletakannya tidak teratur. Hal ini tentu akan membutuhkan pengeditan kembali.
3. Ukuran file-nya menurut saya masih terlalu besar, kalau bisa lebih kecil mungkin itu lebih baik.

Kesimpulan


LibreOffice sebagai aplikasi perkantoran yang berbasis pada sumber terbuka memang memiliki peforma yang baik dan kaya akan fiture (fasilitas).  Yang pasti aplikasi gratis ini tidak kalah dengan aplikasi perkantoran lainnya yang berbayar. Banyak distro linux yang menyertakan LibreOffice sebagai aplikasi default perkantoran pada paket instalasinya, termasuk Linux Mint. Demikian gambaran singkat mengenai LibreOffice, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon